Foto Pendakian Gunung Merbabu lewat Selo

Lajur Pendakian Gunung Merbabu Lewat Selo, adalah lajur pendakian yang dapat sahabat lalui untuk ke arah Pucuk Gunung Merbabu, lajur Selo dikenali selaku lajur yang paling Landai dan paling ramai dikujungi beberapa pendaki bila dibanding dengan lajur yang lain, seperti lajur: Wekas, Suwanting, Chuntel dan Tekelan.

Pendakian Lewat Selo benar-benar saya anjurkan untuk kalian beberapa pendaki pemula yang akan nikmati keelokan alam di atas pucuk gunung Merbabu. Tetapi ada ketentuannya untuk kalian beberapa pendaki pemula, kalian harus ajak rekan atau saudara yang pernah mendaki gunung Merbabu.

Ketentuan Terkini Gunung Merbabu lewat Selo


Saat sebelum mendaki Gunung Merbabu Lewat Selo, persiapkan peralatan mendaki sahabat dan patuhi seluruh ketentuan atau SOP pendakian dan khusus lajur pendakian lewat selo mulai di sarankan untuk Registrasi Online. Untuk medaftar online sahabat datangi www.tngunungmerbabu.org dan proses pendakian lewat selo seperti berikut ini:

Bila sahabat telah tiba di basecamp selo istirahatlah dahulu lalu pesen kopi, sesudah sruput kopi sahabat ke gedung basecamp untuk menujukkan bukti jika sahabat sudah semua daftar online.
Sesudah memberikan bukti registrasi dan data sahabat akan memperoleh brifing, check daftar dan tanda-tangan.

Sesudah sahabat mendapatkan tanda-tangan sahabat balik keatas untuk meyerahkan KTP jika sahabat lupa tidak bawa KTP, SIM bisa juga jika belum punyai SIM janganlah sampai lupa bawa kartu pelajar.
Sesudah memberikan KTP, SIM atau kartu pelajar janganlah lupa bayar retribusi atau simaksi nati sahabat akan memperoleh gelang selaku sinyal bukti jika sahabat bukan pendaki ilegal.
Waktu Turun Gunung Merbabu

Sesudah turun gunung atau usai mendaki, sahabat harus verifikasi kebasecamp jika seluruh kelompok kembali lagi dengan selamat. Lantas check sampah, maka janganlah sampai sampahmu ketinggalan, sampah telah dibawa turun seluruh sahabat akan mendapatkan tanda-tangan. Sesudah mendapatkan tanda-tangan sahabat baru bisa ambil agunan yang sudah sahabat tinggal.

Kecuali yang telah saya catat di atas hal yang terpenting ialah melengkapi dahulu alat pendakianmu, jika belum sanggup membeli beberapa alat pendakian pinjam rekan, jika malu pinjam rekan sewa saja saat ini banyak persewaan alat outdor. Itu seluruh untuk keamanan dan kenyaman waktu sahabat lakukan Pendakian Gunung Merbabu Lewat Selo.

Daftar Online Gunung Merbabu Lewat Selo

Sesudah sahabat mengenali seluruh ketentuan pendakian Gunung Merbabu Lewat Selo, berikut ini ialah tata langkah registrasi online Taman Nasional Gunung Merbabu.- Ketua kelompok menyiapkan data diri dan identitas anggota. Akses Registrasi online lewat www.tngunungmerbabu.org dapat memakai Netbook atau HP tentukan tombol PENDAFTARAN ONLINE dan click menu DAFTAR.
  • Saat sebelum sahabat click tombol sepakat sebaiknya membaca Lebih dulu ketentuan Taman Nasional Gunung Merbabu jika sahabat menyepakatinya langsung contreng tombol sepakat
  • Isilah form biodata ketua kelompok dan data anggota dengan komplet click tombol SUBMIT
  • Bila proses registrasi online sudah Usai, sahabat atau calon pendaki akan memperoleh code register, taruhlah code itu dengan menulis atau screeshot penampilan monitor netbook atau HP kalian
  • Jika sahabat pengin check data diri atau pengin lakukan perombakan data yang telah tercatat, click saja tombol PENDAFTARAN ONLINE lalu click tombol EDIT DATA PENDAKI
  • Saran code unik ke form register dan click tombol CEK
  • Sesudah masukkan code taruhlah form registrasi dengan click tombol PRINT pada print destination, lalu click Safe as pdf dan Save
  • Sesudah usai di Save print bukti registrasi itu, kelak kalain membawa untuk register ulangi di loket registrasi di Lajur Pendakian Gunung Merbabu Lewat Selo
  • Posisi dan Angkutan Umum Ke arah Basecamp Selo
Posisi basecamp Selo ada di Desa Pakis, Dusun Tarurabatang, kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa tengah. Untuk dapat sampai ke basecamp Selo turuti panduan berikut ini:
Merbabu lewat Selo dari jakarta dan Surabaya

Bila sahabat pergi dari Jakarta dan Surabaya atau daerah lain naiklah bis atau kereta jalur Solo turun terminal Tirtongadi, jika naik kerta turun Stasiun Purwosari. lalu naik bis jalur Boyoli turunlah di RSUD Pandaran Surowedanan.

Dari RSUD Pandaran Surowedanan naik bis kembali turun di Pasar Cepogo, kemudian sahabat kembali berlanjut naik bis kecil arah Pasar Selo dan turun di muka Polsek Selo. Dari Polsek Selo perjalanan sahabat dapat di lanjut dengan memakai layanan Ojek Rp 15.000 per orang, jika sahabat kelompok dapat naik mobil mobil pick up untuk ke arah basecamp Selo.

Untuk rekan-rekan yang memakai kendaraan individu tidak boleh khawatir, lumayan gampang untuk mendapati kehadiran basecamp pendakian lajur Selo. Sebab, sahabat akan bertemu papan-papan panduan arah yang terpajang di sepajang jalan ke arah basecamp Selo.

Basecamp Selo dan Pos-Pos Pendakian Gunung Merbabu Lewat Selo


Sesampainya di basecamp Selo, sahabat dapat istirahat dahulu saat sebelum meneruskan perjalanan ke arah pucuk gunung Merbabu. Sarana yang disiapkan faksi basecamp lumayan komplet, seperti tempat parkirkan, tempat istirahat, masjid, toilet dan warung makan.

Sesudah istirahat usai, tenaga kembali lagi sembuh waktunya meneruskan perjalanan ke arah pucuk. saat sebelum pergi pendaki harus check barang bawaan, alat pendakian dan janganlah lupa bawa persediyaan air yang banyak sebab Gunung Merbabu tidak ada Sumber Mata Air! Dan daftarkan diri anda dan barisan, bayar ongkos retrubusi atau ticket mendaki Gunung Merbabu. Untuk registrasi Online sahabat click di sini.

Basecamp - Pos I, Dok Malang 150 menit Gunung Merbabu Lewat Selo


Setelah pintu masuk, jalanan masih agak miring, medan berbentuk tanah padat, vegetasi cukup terbuka, berbentuk barisan pohon pinus yang membuat panorama kece. Lajur pendakian benar-benar terang, sebab panduan arah terpajang di sejauh perjalanan.

Dekati pos I diikuti dengan vegetasi yang mulai mendekat, rimba makin rimbun. pos I, tempatnya lumayan luas dan namanya Dok Malang, di pos 1 ini sahabat akan mendapati bangunan untuk berlindung dan istirahat sesaat supaya tenaga yang terkuras dapat terisi kembali. Baca : Pendakian Gunung Merapi Lewat Selo Pendakian Gunung Ungaran Lewat Mawar Pendakian Gunung Sumbing Lewat Garung Pendakian Gunung Sindoro Lewat Kledung Pendakian Gunung Prau Lewat Patak Banteng

Pos I - Pos II, Pandean, 60 menit Gunung Merbabu Lewat Selo


Perjalanan ke arah pos II, lajur pendakian sedikit menajak, medan masih berbentuk tanah padat, walau sahabat berjalan di rimba tropis yang lembab, tetapi Vegetasi lebih terbuka dibanding perjalanan basecamp ke pos I.

Diperjalanan ke arah pos II, Anda harus hadapi tanjakan curam, tanjakan yang paling aduhai di lajur Selo, tanjakan yang mempunyai kemiringan seputar 70 derajat, tanjakan ini dikenali dengan panggilan Kelokan Macan. Pendaki diharapkan waspada waktu hadapi tanjakan macan ini, masih menjaga semangat dan jangan sampai tinggalkan rekan ada di belakang! Seputar 1 jam perjalanan, sahabat akan sampai di pos II.

Pos II - Pos III, Watu Catat, 35 menit Gunung Merbabu Lewat Selo


Setelah pos II, lajur pendakian makin naik tidak karuan, cukup meletihkan dan vegetasi makin terbuka, menunjukkan bentangan alam yang sanggup menganakemaskan mata dan hati beberapa pendaki, dan bunga Edelweis yang tumbuh di lereng gunung merbabu mulai memperlihatkan dianya. Perjalanan ini memerlukan waktu seputar 30 menit.

Pos III - Sabana I, 60 menit Gunung Merbabu Lewat Selo


Perjalanan bersambung dengan trek yang lebih sadis dari mulanya, medan berbentuk tanah merah berdebu tebal, jika musim penghujan benar-benar licin sekali pendaki diinginkan benar-benar waspada. Tetapi tenang, panorama sejauh perjalanan benar-benar cantik dan menganakemaskan mata beberapa pendaki.

Sesudah berjalan sepanjang 60 menit, sahabat akan sampai di pos IV, satu lokasi yang diberi nama Sabana I, adalah salah satunya tempat camp bagus sebab mempunyai tempat yang luas dan mempunyai panorama cantik yang berbentuk padang rumput-rumputan hijau yang memesona dan ijo royo-royo. Jika cuaca ceria beberapa pendaki dapat menyaksikan gagahnya gunung Merapi disini.

Sabana l - Sabana ll, 30 menit Gunung Merbabu Lewat Selo


Jalanan ke arah Sabana satu tidak begitu curam, tetapi berliku, naiki dan menuruni bukit, panorama benar-benar eksklusif, sejauh mata menyaksikan, warna hijau rumput-rumputan menghias bukit-bukit yang dibalut dengan kabut tipis dan udara sejuk pegunungan. Berjalan seputar 30 menit, sahabat akan sampai di Sabana ll.

Sabana ll - Pucuk Kenteng Songo, 120 menit Gunung Merbabu Lewat Selo


Sejumlah besar beberapa pendaki, mengawali perjalanan summit atack dari Sabana l, seputar jam 3:00 pagi hari, mereka telah segera ke arah pucuk Kenteng Songo, mengincar kemewahan sunrise di pucuk paling tinggi gunung Merbabu.

Medan ke arah puncak Kenteng Songo cukup agak miring, tetapi vegetasi yang paling terbuka jadikan angin bebas menampar badan kita, membuat udara sangat terasa dingin. Perjalanan kepuncak Kenteng Songo perlu waktu seputar 2 jam, dapat kurang bias lebih, bergantung Fisik Pendaki.

3 Puncak Gunung Merbabu.


Puncak Gunung Merbabu berbentuk tanah lega dan datar, di puncak Merbabu sahabat akan menyaksikan secara jelas barisan gunung yang berada di jateng, misalnya: Gunung Telomoyo. Gunung Merapi. Gunung Sindoro. Gunung Sumbing dan Gunung Lawu jika cuaca sedang ceria dan berteman he he heee.

Yang penting sahabat kenali gunung Merbabu mempunyai 3 pucuk, salah satunya ialah pucuk Syarif ada di samping kanan ( 3.119 mdpl), pucuk Trianggulasi ada di samping kiri (3.142 mdpl) dan pucuk Kenteng Songo ada di tengah-tengah (3.142 mdpl) yang disebut pucuk paling tinggi di gunung Merbabu.

NOTE: Baca dan aplikasikan mudah-mudahan pendakian membahagiakan dan selamat sampai rumah.


Gunung Merbabu terhitung gunung yang tidak ada sumber mata air, jadi untuk beberapa pendaki diharuskan bawa stok air yang beberapa dari basecamp supaya tidak kekurangan air dan mecegah berlangsungnya peristiwa yang tidak diharapkan.

Lengkapi perlengkapan mendaki yang Safety supaya tidak bikin rugi tim dan diri kita. Turutilah seluruh ketentuan yang sudah diberi, sebab gunung bukan tempat individu, tetapi tempat umum yang perlu kita menjaga bersama. Janganlah lupa membawa turun sampahmu, supaya gunung Merbabu masih terlindungi ke asriannya. Jika dapat turunkan Sampah Plastik Memperbanyak Rekreasi. Salam lestari.

Subscribe to receive free email updates: